Ilmu Budaya Dasar

Senin, 19 Maret 2012

A. Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

B. Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar dimaksudkan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemapuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun menyangkut dirinya sendiri.
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut ilmu budaya dasar diharapkan dapat :
1. Mengusahakan mahasiswa penajaman kepekaan terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberi kesempatan untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedahal tersebut.
3. Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruang lingkiup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis yang berpandangan kedaerahan dan pengkotakan disiplin ilmu yang ketat.
4. Mengusahakan komunikasi para akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yan sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.

C. Cabang – Cabamg Ilmu Budaua Dasar

Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya, lebih dahulu perlu diketahiui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokan dalam tiga kelompk besar yaitu :

1. Ilmu –Ilmu Alamiah
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu. Lalu dibuat analisis untuk menentukan kualitas. Hasil analisis itu kemudian digeneralisasika. Yang termasukan kelompok ilmu-ilmu alamiah antaralain ialah astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran dan mekanika.

2. Ilmu-ilmu Sosial
Ilmu-ilmu sosial bertuajuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal itu digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tetapi hasil penelitiannya tidak mungkin 100% benar, hanya mendekai kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antar manusia itu tidak dapat berubah dari saat ke saat. Yang termasik kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ilmu, ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum .

3. Pengetahuan budaya
Pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hai itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan yang mencakup keahlian seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi ke dalam berbagai bigang keahlian, seperti seni tari, seni rupa, seni musik dll.

0 komentar:

Posting Komentar